TSD Nonton Jagongan Wagen September 2018

by - September 23, 2018


Sabtu lalu (22/9), Jagongan Wagen edisi September 2018 menghadirkan pertunjukan berjudul "Simpang Jalan Menuju Rumah" yang berlangsung dengan menarik di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Bantul.

Pertunjukan ini mencoba menampilkan sebuah dilema yang dihadapi sebagai seorang mahasiswa. Tentang pemilihan perguruan tinggi, kegiatan kampus, uang bulanan, dan apa saja yang membuat mahasiswa harus dibentuk sesuai dengan harapan orang tua, keluarga, hingga tetangga sekalipun.


Kolaborasi yang sederhana pada artistik membuat panggung memiliki ruang yang cukup bagi tujuh aktor dan enam partisi. Karakter-karakter yang dimainkan cukup menjadi cerminan ideologi dari kampus-kampus besar di sekitar kita.


Pertunjukan ini mampu mewakili siapa saja yang pernah mengalami dilema di masa mudanya sebagai mahasiswa. Para seniman mencoba kembali mempertanyakan apakah kita (mahasiswa) sudah menjalani hidup sebagai mahasiswa sesuai dengan keinginan hati sendiri? Atau justru kita hanyalah.....

Mengutip dari akun @psbk_jogja,

"Pendidikan menghadapkan anak dengan berbagai pilihan, yang sebagian belum tentu sejalan dengan obsesinya sendiri. Persimpangan kemudian muncul di tengah segala cara untuk menemukan jalan menuju rumahnya (pilihan) sendiri."




Arlingga Urak
23 September 2018.

You May Also Like

0 komentar